Senin, 13 September 2010

Film 3 Idiots Bollywood Sangat Inspiratif


Film 3 Idiots bollywood. Entah, kenapa di kelas X ini. Kegemaranku untuk menonton film tiba-tiba muncul. Meskipun kota tempat ku tinggal tidak ada satupun bioskop. Tapi kami tetap bisa menonton film-film yang masih tergolong fresh seperti 2012, Avatar, Alice In Wonderland, G-Force, Up, dll. karena kami bisa mendownload film atau saling berbagi dengan teman-teman sekelas. Tak jarang kami menonton bersama di dalam kelas hanya dengan menggunkan sebuah laptop. Berkumpul dan berdesak-desakan hanya untuk memandangi layar sebuah komputer jinjing yang ukurannya tak lebih dari 31x18 cm, hemmnn… mungkin hal itu akan kami rindukan nantinya…

Beberapa hari yang lalu seorang temanku menawarkan sebuah film yang katanya bagus, laris, dan sudah banyak yang nonton, tapi dia sendiri juga belum nonton. Judul film itu, “3 Idiots”. “katanya” film itu adalah film komedi dari india. Berubung saya tidak begitu suka dengan film komedi, apalagi dari India, Saya sempat ill fill dengan film itu. Bukannya saya tidak suka dengan film-film Bollywood, tapi belakangan ini eksistensi film-film India di Indonesia memang mulai meredup. Berbeda sekali, waktu saya masih duduk di bangku SD. Hampir setiap hari saya menonton film-film india di Televisi. Di RCTI, TPI, dan siaran TV lainnya. Dan ada beberapa yang masih berkesan sampai sekarang, seperti “Kuch Kuch Hota Hai” yang begitu terkenal pada zamannya. Saya lupa judulnya, tapi ada beberapa film India lainnya yang cukup menarik menurut saya bahkan sudah diadaptasi oleh sinetron Indonesia.

Setelah beberapa tahun tidak pernah menonton film India, akhirnya saya mencoba menonton “3 Idiots”. tidak saya sangka-sangka, ternyata film ini sangat-sangat bagus. Dari awal adegan sudah begitu menarik sampai endingnya yang betul-betul bagus, meskipun durasinya sekitar 3 jam. Seperti film india pada umumnya, nyanyian selalu diselipkan di dalamnya, Tapi hampir semua bagian dari film ini begitu berharga untuk dilewatkan. Dan bukan semata-mata film yang bergenre komedi, atau film cinta-cintaan. Karena Film ini sangat sukses mengubah-ubah emosi penontonnya, terkadang lucu, kemudian sedih, dan kemudian diakhiri dengan kebahagiaan.

Three Idiots adalah film Bollywood yang disutradarai Vidhu Vinod Chopra yang sebelumnya disutradarai oleh Rajkumar Hirani yang menjadi penulis. Film tersebut dibintangi oleh Aamir Khan as Ranchoddas Shamaldas Chanchad (Rancho)/Phunsukh 'Chotte' Wangdu, R. Madhavan as Farhan Qureshi / Narator, Sharman Joshi as Raju Rastogi, Kareena Kapoor as Pia, Sahastrebuddhe Boman Irani as Viru Sahastrebuddhe (ViruS), Mona Singh as Mona Sahastrebuddhe (saudari Pia), Omi Vaidya as Chatur Ramalingam (Silencer), Javed Jaffrey as Ranchoddas Shamaldas Chanchad, Parikshit Sahni as Mr. Qureshi, Sanjay Lafont as Suhas, Rahul Kumar as Millimeter, Amardeep Jha as Mrs. Rastogi, Farida Dadi as Mrs. Qureshi, Arun Bali as Shamaldas Chanchad, Jayant Kripalani as Interviewer, Kajol as Item number.

Film ini rilis pada 25 Desember, 2009. diangkat dari novel Five Point Someone oleh penulis India yang bernama Chetan Bhagat. Menceritakan tentang 3 orang sahabat yang melanjutkan pendidikan dan bertemu di perguruan tinggi ICE (Imperial Colegge Of Engineering), yaitu salah satu institut engineering terkemuka di India. Menjadi seorang insinyur merupakan tujuan mereka sekolah di ICE. Meskipun sebenarnya tujuan mereka yang sebenarnya bukan sekedar untuk mendapatkan gelar semata. Tapi system membuat para mahasiswa seperti sebuah mesin, lulus dengan nilai bagus, dapat pekerjaan, gaji tinggi, hidup bahagia, dll. Dan di India, ada sebuah tradisi, Jika anak laki-laki, maka ia harus menjadi insinyur, sementara jika anak perempuan maka harus menjadi seorang dokter. Hal itu membuat banyak tekanan, bahkan sampai menyebabkan bunuh diri.

Film Yang sangat inspiratif ini, mengandung banyak pesan di dalamnya, mulai dari persahabatan, keyakinan, yaitu keyakinan pada kata hati dan keinginan kita yang sebenarnya, All izz well yang artinya semuanya baik-baik saja, selalu berfikir positif. Dan masih banyak lagi pesan-pesan moral lainnya yang disampaikan dengan cara yang nyaris sempurna oleh film ini.

Sekedar informasi. Meskipun film ini belum begitu populer di Indonesia, karena tidak ada publikasi besar seperti di TV dll, melainkan hanya promosi dari mulut ke mulut, dan situs jejaring sosial seperti twitter, blog dll. Tapi “3 idiots” adalah film Bollywood paling laris sepanjang masa. Kalau gak percaya cek sendiri di Google.

Catatan: Film ini betul-betul bagus dan sangat saya rekomendasikan, banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan dari film ini. Dan saya merasa beruntung karena berkesempatan untuk menonton film ini, “3 Idiots”.

sumber : http://fathur-net.blogspot.com/2010/09/film-3-idiots-bollywood-sangat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar