Sabtu, 18 Desember 2010

Tips Jitu Memilih Domain

Domain Website atau blog anda akan sangat menentukan dalam kesuksesan suatu website dan blog. Domain ternyata salah satu faktor kesuksesan blog.
 
Karena itu mari kita bahas sedikit tips mendapatkan domain yang terbaik.


Okelah, kita langsung to the point aja ya. Tidak usah panjang lebar.

  • Cari domain berbayar. Contoh .com. Karena dengan memakai domain .Com orang orang akan beranggapan kalau website ini ditangani serius atau ditangani secara profesional. Dan orang pun beranggapan kita tidak sedang bermain-main. Padahal domain blog saya sendiri masih gratisan  
  •  
  • Pilih Domain .COM. Kenapa harus .COM ? Padahal masih ada domain lain seperti .net, co.id, .web.id, .org. Orang-orang sering mengenal domain .com. Contohnya : Orang mengendarai Honda Padahal motor yang dikendarainya merknya Yamaha. Orang itu minum Aqua padahal merk minumannya lain. Jadi, intinya, apabila kita memberi tahu orang lain alamat web atau blog kita bila domain kita www.plongaplongo.web.id tapi saat teman kita membuka blog website kita www.plongaplongo.com. Berarti web kita tidak dikunjungi. Kenapa ? Orang-orang umum sering mendengar domain .COM.
  • Hindari sisipan -(atau dash). Kalau terpaksa sih gak apa apa. Mungkin domain yang anda pilih bisa ditambahi akhiran "s". Contoh : www.Plongaplongos.com.
  • Domain berhubungan dengan website atau blog anda. Bila anda berhubungan dengan bisnis cari domain yang berhungan dengan bisnis. Contoh : Bisnispastisukses.com Memang banyak domain suatu website jauh berhubungan dengan isi konten website mereka dan web mereka sudah menjadi besar. Tapi karena mereka mampu dan mengerti cara membuat webiste menjadi populer.
  • Pilih domain yang pendek dan mudah diingat. Kalau domain kita panjang susah diingat orang-orang pun malas menghafal domainnya.

Oh ya ada tambahan, kenapa blog atau domain kita kita terindeks Google? Padahal kita sudah melakukan semuanya teknik web blog kita cepat terindeks oleh Search Engine. Mungkin saja pendahulu pemilik domain yang kita beli melakukan pelanggaran sehingga di banned oleh Search engine.



Bagaimana cara mengetahui apakah domain kita dulu di banned oleh Search Engine kita bisa menggunakan http://www.archive.org/web/web.php. Fungsi dari web ini adalah untuk melihat kembali ke belakang sejarah domain tersebut.

Dan apabila ternyata domain yang anda beli ternyata dibanned oleh Search Engine, tentu membuat kita agak kesulitan.

Ok kawan itu saja tips sederhana dari saya, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar