Rabu, 01 Desember 2010

2012 Berakhirnya Era Facebook dan Kedinastian Zuckerberg


2012 Berakhirnya Era Facebook Dan Kedinastian Zuckerberg..

Tahun 2008, 2009, 2010, boleh menjadi tahun-tahunnya Facebook. Dimana tahun-tahun tersebut banyak didominasi cerita,berita dan informasi semua dan dari yang dengan facebook, dapat dikata sebagai tahun fenomenal bagi dunia dalam industri internet khususnya media sosial. Di tahun-tahun tersebut Facebook benar-benar segala-galanya. Disemua sektor bisnis dan kehidupan dunia terjadi perubahan, serta industri bisnis selalu membawa nama facebook sebagai perlengkapan atau sekedar menarik perhatian. Lihatlah disektor dunia media seperti CNN, ataupun dunia telekomunikasi, hampir semua jenis telepon seluler dari yang berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah, mengandalkan “facebook” sebagai umpan.

Mungkin belum ada yang menuliskan kapan dominasi facebook akan berakhir, atau bahkan fenomena media sosial sejenisnya juga mengalami nasib yang sama. Bila boleh memprediksi, penulis ingin memberikan sedikit perkiraan-perkiraan. Pertama, alasan berakhirnya dominasi Facebook adalah, kejenuhan sebagian besar pemilik account, bahkan ini bukan hanya terjadi di 1 atau 2 negara, banyak media internasional yang telah menuliskan kejenuhan akan jejaring sosial ini, terutama Facebook. Pengguna Facebook dalam setahun terakhir adalah mereka yang disebut pengguna baru,adalah baru mengenal facebook, baru mengenal apa itu sosial media terutama jaringan sosial, baru mengenal ragam aplikasi internet, bahkan baru mengenal dunia komputer , ataupun juga hanya pengguna-pengguna “terdaftar” yang menggunakan dengan lebih dari 3 hingga 10 account untuk berbisnis.

Kedua adalah, sudah banyaknya mereka yang dapat mengakses jejaring sosial ini, bukan sebagai dimulainya fenomena, namun kebalikannya “milestone”bagi Facebook, justru sebagai tonggak akan dimulainya tanda-tanda pudarnya jaring sosial ini. Sebagaimana banyak contoh dari yang lain, disaat-saat terjadinya lonjakan pengguna, disitulah puncak tangga sekaligus juga sebagai tempat peristirahatan bagi mereka. Sebagai contoh layanan Messenger popoler dari Yahoo, sangat menarik,inovatif,fitur lengkap dan juga dikenal banyak orang, disaat program itu mencapai puncak, Yahoo terus melakukan improvisasi dan inovatif, namun apa yang terjadi, aplikasi tersebut relatif stabil penggunanya, bahkan dapat dikatakan menurun. Atau contoh juga layanan dari Microsoft, AOL dan masih banyak lainnya.

Ketiga, perkembangan sektor internet yang kini juga akan disempurnakan dan terus akan disempurkan, baik terhadap jaringannya,infrastrukturnya,aksesnya,dan lainnya. Serta perlu tetap menjadi perhatian, dari munculnya dan merebaknya internet,serta dimulainya industri internet, sektor yang selalu menarik perhatian dan terbanyak mendapatkan “pemirsa” adalah sektor pornograpi. Mencari sesuatu yang baru ini akan berdampak meninggalkan kebiasaan lama, termasuk juga kebiasaan menggunakan account-account media sosial.

Keempat, seperti halnya aplikasi jejaring sosial yang terlebih dahulu muncul, sebelum Facebook, kemungkinan akan ada aplikasi atau media lain yang lebih diminati dan disukai oleh banyak orang,bukankah rencana dan tahap pengembangan-pengembangan kearah itu sekarang ini semakin terlihat nyata dan jelas. Dimana, banyak perusahaan di “Silicon Valley” berlomba-lomba mencipta produk-produk yang menarik bagi masyarakat internet. Mungkin saja, setelah media sosial, nantinya akan berganti ke arah lainnya.

Kelima, waktu, tidak ada yang abadi didunia, cepat atau lambat setidaknya awal, itulah menjadi tanda berakhirnya fenomena Facebook dimuka bumi ini. Sebagaimana hukum alam, sesuatu yang hidup akan mati, atau juga sesuatu yang tinggi pasti akan jatuh. Begitupun dengan facebook, walau tidak langsung jatuh, setidaknya 2012 adalah tanda dimulainya keruntuhan Facebook dari kedinastian “Zuckerberg”.., minimal adalah, mundurnya sang “pencipta” dari kursi Facebook No.1. mari, kita tunggu dan lihat saja perkembangan selanjutnya..

sumber : http://media.kompasiana.com/new-media/2010/11/23/2012-berakhirnya-era-facebook-dan-kedinastian-zuckerberg/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar