Rabu, 01 Desember 2010

Rudal Taepodong 2 Korea Utara Mampu Capai Jakarta

Korea Utara diyakini memiliki lebih dari 800 rudal balistik, termasuk peluru kendali jarak jauh yang dapat menembak sasaran-sasaran di Amerika Serikat. Negara komunis ini pertama kali memperoleh rudal-rudal taktis itu dari Uni Soviet pada awal 1969. Namun, rudal-rudal Scud pertama dilaporkan datang melalui Mesir pada 1976. Kairo memasok peluru kendali Scud B kepada Pyongyang dengan imbalan berupa bantuan melawan Israel dalam Perang Yom Kippur 1973.

Berikut ini adalah jenis-jenis rudal yang dimiliki Korea Utara.

Tapeodong-1
Memiliki jarak tembak 2.200 kilometer dan sedikit lebih akurat ketimbang Nodong. Peluru kendali jenis ini sudah diuji coba pada Agustus 1998 di atas wilayah utara Jepang.

Taepodong-1 dapat menjangkau pangkalan militer Amerika di Okinawa. Namun, proses peluncurannya membutuhkan persiapan lama sehingga lebih cepat diketahui musuh.

Taepodong X
Rudal berbasis darat ini masih dalam pengembangan dan belum diuji coba. Taepodong X diyakini mempunyai jarak tembak 4.000 kilometer sehingga mampu menjangkau pangkalan militer Amerika di Guam. Peluru kendali jenis ini dapat ditembakkan dari sistem peluncuran mobil.

Taepodong-2
Mempunyai jarak tembak 5.000-6.000 kilometer dan mampu menjangkau Hawaii, Alaska, dan wilayah pantai barat Amerika. Persiapan peluncurannya membutuhkan waktu lama.

Bahkan rudal Taepodong 2 mampu menjangkau Jakarta dalam jarak efektif sasaran tembak. Rudal ini juga mampu mencapai Pakistan dan India. Rudal Taepodong-2 akurat dan mampu membawa kepala nuklir ukuran besar. [mah]

sumber : http://nasional.inilah.com/read/detail/1012012/rudal-taepodong-2-korea-utara-mampu-capai-jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar